MEMBELI PONSEL BEKAS

Membeli ponsel bekas ternyata tak seperti membeli ponsel baru yang ada jaminan berupa garansi, ibarat membeli kucing dalam karung, kita tak pernah tahu riwayat ponsel sebelum berpindah ke tangan kita.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, pada beberapa langkah penjual mungkin akan merasa keberatan, tapi yakinlah bahwa anda betul-betul ingin mengetahui secara benar kondisi ponsel. Langkah-langkah tersebut antara lain :

1. Cek casing. Apakah terdapat retak atau baret pada bagian depan, belakang dan samping. Casing original biasanya terdapat kode di balik casing tertera logo recycle.

2. Periksa tombol/keypad. Tekan satu-persatu, jika langsung melakukan perintah, maka kondisinya bisa dikatakan baik. Selain itu, jangan lupa gerakkan tombol navigasi ke segala arah. Apakah mengikuti perintah dengan tanggap atau tidak.

3. Amati layar. Lakukan pencekan dengan menyalakan layar, apakah terdapat bintik atau tidak. Minta izin untuk menekan sejenak layar, begitu anda tekan layar mati atau tidak.

4. Periksa baterai. Raba dan rasakan apakah ada bagian permukaan yang menggelembung, jika ada berarti ada kemungkinan sel baterai mengalami kerusakan. Untuk memeriksa keaslian baterai, cek tanda segel.

5. Periksa sinyal. Memeriksa sinyal sangat penting untuk melihat daya pancar dan terima ponsel. Lakukan dengan memasukkan satu atau dua kartu SIM. Bandingkan dengan ponsel lain. Apakah sinyal naik turun atau stabil.

6. Cek speaker. Bagian ini sangat penting untuk menangkap sinyal suara. Untuk itu lakukan tes panggilan ke ponsel bekas tersebut dari ponsel lama. Bila ada fasilitas speakerphone, coba gunakan. Jangan lupa gunakan pengontrol volume, besarkan apakah terjadi masalah atau tidak.

7. Cek buzzer. Bagian ini dapat dites dengan cara membuka fitur pemutar musik. Aktifkan, lalu atur pengontrol volume dari rendah ke tinggi. Buzzer yang masih baik umumnya tak pecah.

8. Cek konektivitas. Bila ponsel yang hendak dibeli memiliki fasilits koneksi nirkabel Bluetooth atau infrared sebaiknya lakukan pencekan dengan mentransfer data berupa lagu atau file foto. Tapi sebelum itu, apakah sambungan ini bisa mendeteksi perangkat lain yang memiliki perlengkapan serupa.

One Response to “MEMBELI PONSEL BEKAS”

  1. hanggadamai Says:

    beuuhh, baru beli hp ya mas???

    wakksss..!! bukan baru beli hp, tapi lagi cari hp second. Thanks nih dah sering mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: