HILANGKAN AMARAH

1. Belajar untuk memaafkan. Bila melakukan introspeksi diri, salah satu hal yang membuat cepat ‘naik darah’ adalah tak cukup lapangnya hati untuk memaafkan kesalahan orang lain. Padahal memberikan maaf bukan berarti anda mengamini perbuatan orang lain yang bersalah. Tapi dapat membantu anda untuk berpikir lebih jernih dalam menyelesaikan masalah dan tidak menggunakan emosi.

2. Memaafkan atau meminta maaf juga bukan berarti kalah. Justru di sini anda dapat menunjukkan kemenangan, karena mampu berpikir lebih jernih dan bersikap dewasa dalam menghadapi masalah. Percayalah, bersikap dewasa merupakan satu hal yang sulit dilakukan oleh banyak orang, walaupun kerap kali tak diakui.

3. Bila terjebak dalam sebuah perdebatan, anda dapat menyingkir sejenak selama 10-15 menit untuk meredamkan emosi yang sudah mulai merangkak ke hati. Bila emosi dibiarkan, perdebatan akan sia-sia. Bukannya memberikan solusi tapi justru menorehkan dendam.

4. Berusahalah untuk selalu berbicara dengan nada ‘rendah’. Penggunaan nada tinggi sedikit banyak memengaruhi adrenalin sehingga emosi terus meningkat.

5. Sama seperti halnya dengan nada berbicara, melepaskan amarah pada bantal, walaupun tidak menyakiti diri, tetap tidak dianjurkan. Karena cara ini juga dapat meningkatkan rasa amarah anda.

6. Daripada memukul bantal atau berteriak-teriak, lebih baik alihkan emosi dengan memikirkan hal-hal ang disenangi atau sekadar mendengarkan musik. Walaupun hanya sementara, cara ini dapat mengusir rasa marah dalam hati.

7. Satu hal yang harus diingat agar cara-cara diatas berhasil adalah dengan melatihnya. Melatih kesabaran dan meredam emosi.

One Response to “HILANGKAN AMARAH”

  1. hanggadamai Says:

    wah mas tips yg bagus
    makasih ya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: