ETIKA MENGGUNAKAN PONSEL

Selain menunjukkan martabat, menegakkan etika juga bermanfaat untuk meminimalkan dampak negatif yang mungkin timbul akibat penggunaan ponsel tidak pada tempatnya. Mengingat pada komunikasi melalui ponsel sangat rentan terjadi kesalahpahaman akibat persepsi yang berbeda antara pengirim dan penerima pesan.

Masih banyak lagi dampat negatif yang mungkin timbul. Maka tip berikut dapat membantu anda untuk mengetahui etika yang patut dilakukan saat menggunakan ponsel

1. Jangan menghidupkan ponsel dalam kesempatan formal dan ibadah keagamaan, seperti saat menonton pergelaran musik, menonton film, rapat, akad nikah atau perpustakaan karena hal ini dapat menganggu orang di sekitar anda dan kekhusyukkan acara tersebut. Lagipula, bisa saja gelombang elektromagnetik ponsel dan sound system saling bersinggungan sehingga menimbulkan feedback yang tidak enak didengar.

2. Ringtone ponsel pun dapat mengganggu lingkungan sekitar, khususnya bila ruangan tersebut sunyi senyap. Sebaiknya getarkan ponsel anda bila memang sedang menunggu suatu hal yang penting.

3. Kontrol volume suara anda. Tak perlu bicara dengan suara keras karena dapat menganggu orang di sekitar anda. Bila perlu, matikan ponsel saat berada di tempat yang minim sinyal. Sekeras apapun anda berteriak, pihak kedua tidak akan mendengar suara dengan jelas.

4. Selesaikan pembicaraan di ponsel sebelum memasuki gedung atau ruangan yang sekiranya akan terjadi blank spot.

5. Sebaiknya jangan mengangkat telepon saat jamuan makan, baik bisnis maupun pribadi. Lebih baik meminta izin sebentar pada tamu dan pergi ke sudut ruangan yang lebih sepi. Ingatlah untuk tidak meninggalkan tamu anda terlalu lama.

6. Jangan menggunakan ponsel saat berada di dalam kamar mandi umum. Suara anda akan terdengar sangat keras dan jelas karena efek gaung dalam ruangan ini. Orang lain yang berada di dalam ruangan tersebut pun akan mengetahui seluruh pembicaraan anda.

7. Saat menelepon seseorang, tanyakan terlebih dulu bila saatnya tepat. Apabila waktunya tidak tepat, tanyakan apakah anda dapat menelponnya di waktu berikutnya.

8. Jangan gunakan ponsel saat berkendara karena konsentrasi anda akan terpecah sehingga membahayakan diri sendiri dan orang sekitar.

9. Jangan memakai ponsel di sekitar lokasi pompa bensin karena sinyal listrik yang berada ponsel dikhawatirkan menjadi penyulut kebakaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: