Protokol No. I (bagian 2)

6. Kebebasan politik hanyalah sebuah ide, bukan fakta. Tentang ini orang harus tahu bagaimana menerapkannya ketika dianggap perlu- dengan umpan paham ini- untuk menarik kelompok manusia ke pihaknya dengan tujuan menghancurkan pihak lain yang sedang berkuasa. Tugas ini dapat dilakukan lebih mudah jika lawan itu sendiri telah terpengaruh paham kebebasan, yang biasa disebut liberalisme. Demi mempertahankan suatu paham, ia bersedia untuk memberikan sebagian kekuasannya. Di sinilah persisnya kehebatan teori kita tampak; kekuasaan pemerintah yang lemah dengan segera-sesuai dengan hukum kehidupan- ditangkap dan dihimpun sekaligus oleh tangan baru, karena kekuasaan buta dari bangsa tersebut tidak dapat bertahan sehari saja tanpa ada panduan, dan kekuasaan yang baru dengan mudahnya menduduki tempat rezim lama yang telah dilemahkan oleh liberalisme.

7. Di masa kita, kekuasaan yang telah menggantikan para penguasa liberalah adalah kekuasaan emas. Usai sudah masa ketika agama memerintah. Pemikiran tentang kebebasan tidak mungkin untuk direalisasikan karena tak seorang pun tahu bagaimana menggunakannya dengan tepat. Cukup dengan menyerahkan pada sekelompok orang untuk memerintah diri mereka sendiri selama jangka waktu tertentu, maka kelompok tersebut akan segera menjadi suatu gerombolan yang kacau (disorganized mob). Sejak saat itu hingga seterusnya, kita akan mendapati konflik berdarah yang segera berkembang menjadi perang antar kelas, pada pertengahan mana negera habis terbakar dan kekuasannya tereduksi hinga menjadi setumpuk abu.

8. Entah suatu negara sibuk dengan kekacauannya sendiri, atau perselisihan internal membawanya berada dibawah kekuasaan musuh dari luar – bagaimanapun itu dapat dipandang sebagai kekalahan yang mutlak: negara tersebut berada dalam kekuasan kita. Dominasi kekuatan modal, yang sepenuhnya berada di tangan kita, mengulurkan tangannya kenegera tersebut, yang mau tidak mau, harus diambil. Jika tidak … negeara tersebut akan tenggelam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: