Enam Hal Yang Harus Ditakuti

Seorang mukmin seharusnya takut kepada enam hal, yaitu ;

Pertama, takut kepada Allah jangan-jangan Allah mencabut keimanannya.

Kedua, takut kepada malaikat pencatat amal, jangan-jangan mereka menulis amal kita dengan catatan yang sangat memalukan jika dibeberkan pada hari kiamat nanti.

Ketiga, takut kepada syetan, jangan-jangan para syetan itu berhasil merusak amal yang kita kerjakan.

Keempat, takut kepada malaikat pencabut nyawa kita, jangan-jangan ia mencabut nyawa kita saat kita lupa kepada Allah.

Kelima, takut kepada dunia, jangan-jangan dunia itu membuat kita terlena sehingga kita melupakan urusan akhirat.

Keenam, takut kepada keluarga sendiri, jangan-jangan mereka telah menyibukkan kita untuk memenuhi urusan mereka, sehingga kita melupakan ketaatan kepada Allah.

(Usman bin Affan RA)

4 Responses to “Enam Hal Yang Harus Ditakuti”

  1. esensi Says:

    Anda benar. Saya sendiri sangat was-was, meski saya lahir sebagai muslim, saya paling ngeri kalau di penghujung hayat eh saya malah menjadi kufur dan musyrik. Jujur, saya begitu kagum dengan mereka2 yang terlahir musyrik namun di pertengahan dan akhir hidupnya mereka menemukan cahaya Ilahi dan menjadi muslim tangguh dengan kapasitas intelektual yang bukan main dan menjadi ahli dzikir yang nyaris tak terkalahkan, seperti almarhum Martin Lings, lalu Charles Le Gai Eaton, Amatullah Armstrong, dll. Sungguh bangga sekali kita memiliki muslim2 seperti mereka.

  2. maskun Says:

    Saya juga sangat takut, jangan-jangan saya salah satu atau jangan-jangan saya tidak takut pada semuanya. duh… diri ini, takutlah kepada yang enam itu.

  3. A&K Says:

    Pandangan saya justru sebaliknya: seorang mukmin seharusnya tidak perlu takut sama sekali kepada semua hal di atas. Hemat saya, mukmin ideal menginginkan agar semua hal buruk di atas tidak terjadi, lalu bertindak sepenuh hati, dan sebaik mungkin agar hal tersebut tidak terjadi.

  4. maskun Says:

    agar semua hal buruk di atas tidak terjadi, lalu bertindak sepenuh hati, dan sebaik mungkin agar hal tersebut tidak terjadi. <<<
    Memang ini yang dimaksudkan oleh Usman bin Affan RA

Leave a Reply

