Perpanjang STNK di PGC

Belum lama ini saya memperpanjang STNK. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya kali ini proses perpanjangan STNK sangat cepat dan mudah sekali. Jika sebelumnya proses perpanjangan STNK saya lakukan di kantor SAMSAT Jakarta Timur Jl. D.I. Panjaitan memakan waktu yang cukup panjang (bisa sampai 2 jam lebih). Sudah begitu para petugasnya sudah seperti robot saja, mahal senyum, mati rasa. Akan tetapi pelayanan di PGC ini jauh dari kesan itu.

Lokasinya di lantai A Pusat Grosir Cililitan bersebelahan dengan Masjid. Saya rasa pemilihan lokasi ini sangat strategis karena Cililitan banyak dilewati kendaraan umum dari berbagai arah. Walau setelah keluar dari lift kepala diterpa panas matahari, namun setelah memasuki ruang pelayanan hawa sejuk akan memanjakan kepala. Proses pelayanannya adalah sebagai berikut :

1. Pendaftaran. Yang harus dilakukan adalah mengisi formulir satu lembar yang akan dipandu oleh formulir contoh. Lengkapi formulir dengan BPKB asli, KTP pemilik kendaraan asli dan STNK lama. Semua berkas ini harus difotokopi dahulu. Kalau tidak sempat membuat kopiannya disana disediakan jasa fotocopy seharga Rp 2000,- untuk semua berkas.

2. Pengambilan notifikasi. Yaitu jumlah pajak yang harus dibayar

3. Pembayaran di loket kasir.

4. Pengambilan STNK baru.

Semuanya dilakukan tidak sampai 10 menit. Luarrrr… biasaa…. Yang perlu diketahui STNK kita ternyata disertai dengan pembayaran premi asuransi. Saat ini untuk kendaraan roda dua premi asuransinya sebesar Rp 23.000,-. Guna premi ini adalah ketika kita mengalami kecelakaan (setahu saya kematian karena kecelakaan) berhak mengajukan klaim asuransi. Akan tetapi sayangnya di kantor Samsat PGC maupun di Jl. D.I. Panjaitan tidak disosialisasikan cara mengurus klaim ini. Mungkin ini bisa menjadi masukan buat pihak yang berwenang. Selamat buat Samsat dan Polri atas terobosannya, sayangnya perpanjang SIM baru akan dibuka sekitar bulan Juni mendatang.

About these ads

One Response to “Perpanjang STNK di PGC”

  1. hanggadamai Says:

    wah deket rumahku tuh mas …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: